SOSOK SRIKANDI INDONESIA YANG MENDUNIA

 


Siapa yang tidak mengenal Bu’ Sri Mulyani dan Bu’ Retno Marsudi! Keduanya srikandi hebat Indonesia yang memiliki a vision of world change dalam Kabinet Indonesia Maju yang selalu mendapatkan pujian dunia Internasional dalam mewujudkan Nawa Cita Presiden menuju Indonesia maju. Seperti apa pengaruh dan kehebatan kedua srikandi ini di mata dunia silahkan baca ulasannya, jangan lupa komentarnya ya;

Sri Mulyani,


Kelahiran Bandar Lampung 26 Agustus 1962, kini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Maju. Prestasi besar sebelumnya, ia menjabat sebagai Direktur Bank Dunia (World Bank) periode Juni 2010 hingga Juli 2016, dan sebelumnya menjabat sebagai menteri keuangan di tahun 2005 pada era pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kelahiran Bandar Lampung 26 Agustus 1962, kini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Maju. Prestasi besar sebelumnya, ia menjabat sebagai Direktur Bank Dunia (World Bank) periode Juni 2010 hingga Juli 2016, dan sebelumnya menjabat sebagai menteri keuangan di tahun 2005 pada era pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sri Mulyani melejit kariernya karena pemikiran dan strategi ekonomi yang dimiliki dimana mampu membawa perekonomian Indonesia tetap stabil walaupun pada saat itu dunia sedang mengalami krisis ekonomi berat pada tahun 2008, hingga sekarang dimana hampir semua negara termasuk negara raksasa pun mengalami krisis ekonomi atas dampak musibah Covid 19. Dan Indonesia masih tetap mampu bertahan hingga memasuki akhir semester III 2020.

Selain itu Bu’ Sri Mulyani secara heroik muncul sebagai wanita paling berpengaruh di dunia ke-23 versi majalah Forbes sekaligus Menteri Keuangan Terbaik di Asia versi majalah Emerging Markets pada tahun 2008. Dan Sri Mulyani juga masuk dalam The World's 100 Most Powerful Women 2019 versi majalah Forbes yang merilis daftar perempuan paling berpengaruh di dunia. Bu’ Sri Mulyani satu-satunya wakil Indonesia yang mampu bersanding dengan Angela Markel, Christine Lagarde, Oprah Winfrey, Queen Elizabeth II, Beyonce hingga Greta Thunberg.

Dialah srikandi Indonesia memiliki segudang pengalaman dan prestasi di bidang perekonomian Indonesia dan dunia. Sebagai Menteri Keuangan di kabinet Presiden Jokowi ia dinilai mampu meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi perpajakan dengan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak termasuk satu-satunya perempuan yang menjadi Menteri Keuangan di Indonesia. Prestasi apa saja yang sudah diraihnya?

This is the Award the world received,



· Asian Business Leadership Forum (ABLF) Awards 2019 untuk kategori State Persons Awards yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE).
· Finance Minister of The Year 2008 for Asia. Penghargaan tersebut diberikan oleh 'Emerging Markets'. Menurut Emerging Markets, Sri Mulyani terpilih kembali berdasarkan tiga alasan, di antaranya pencapaiannya dalam mendorong kinerja ekonomi Indonesia hingga mencapai di atas 6% tahun ini meskipun terdapat tekanan inflasi.
· Singapore Institute of International Affair (SIIA). Sri Mulyani dinobatkan sebagai salah satu pemimpinyang berpengaruh dalam perkembangan Asia atau Leader in Rising Asia.
· Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum. Disamping itu pada tahun yang sama Sri Mulyani dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan asal Hong Kong, FinanceAsia. Penghargaan ini sebelumnya juga telah diterima Sri Mulyani tahun sebelumnya.
Masih banyak deretan penghargaan yang sudah diterima namun tidak sempat tersampaikan dalam tulisan ini. Tapi satu hal yang menarik dari Bu’Sri Mulyani di Kabinet Presiden Jokowi, kini tampil berani dan tegas mengeksekuasi kejahatan keluarga Cendana. Bahkan bukan saja mengeksekusi justru berani melarang keluarga cendana, Tommy Soeharto bepergian ke Luar Negeri dan sebelumnya telah mengambil paksa kekayaan pengeran cendana lainnya yang mencapai triliunan rupiah.
Kementerian Keuangan di bawah Sri Mulyani terhitung sangat berani untuk berhadapan dengan keluarga Cendana. Namun ia tetap paham bahwa apapun yang dilakukan tidak terlepas dari tugas negara yang harus dijalankan berdasarkan undang-undang dan itu tidak boleh main-main harus tegas siapanun termasuk keluarga mantan presiden Soeharto. Sri Mulyani sangat paham dia berhadapan dengan orang yang tega membunuh hakim yang mengadili perkaranya, jadi taruhanya nyawa diri dan mungkin juga keluarganya.
Selain Tommy Soeharto, Kamis (17/9/2020), tiba-tiba ramai diberitakan tentang Bambang Trihatmojo putra almarhum Presiden ke 2 Indonesia Soeharto menggugat Menteri Keuangan Sri Mulyani ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Bambang Tri, begitu putra Presiden Soeharto disebut, dalam gugatanya tak terima dicegah bepergian ke luar negeri.
Lewat gugatan nomor 179/G/2020/PTUN.JKT, Bambang Tri meminta majelis hakim PTUN Jakarta membatalkan Keputusan Menteri Keuangan No.108/KM.6/2020 tanggal 27 Mei 2020. Merujuk Keputusan Menteri Keuangan itu, Bambang dicegah ke luar negeri karena masalah piutang negara atas penyelenggaraan SEA Games X1X tahun 1997.
Tentu saja kita berharap Bu’ Sri Mulyani dan keluarga tetap baik-baik saja tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Dikutip dari laman resmi Setkab, pemerintah berhasil mengamankan uang negara senilai Rp 1,2 triliun dari rekening TPN yang diblokir di Bank Mandiri.
Retno Marsudi,


Retno Marsudi dikenal berasal dari keluarga sederhana yang hidup di desa yang pernah merasakan hidup susah, kini justru tampil membuming dengan gaya diplomasinya yang down to earth. Sejak diangkat sebagai Menteri Luar Negeri oleh Presiden Joko Widodo tahun 2014, ia menempatkan dirinya sebagai pelayan sekaligus pelindung Warga Negara Indonesia yang tersebar di seluruh dunia.
Ia memiliki nama lengkap ‘Retno Lestari Priansari Marsudi, S.H., LL.M’ lahir di Semarang, Jawa Tengah, 27 November 1962. Dan tampil sebagai Menteri Luar Negeri perempuan pertama Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 22 Oktober 2019 dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Kemudian kembali dipercaya dan dilantik oleh Presiden Joko WIdodo sebagai Menteri Luar Negeri untuk periode 2019 hingga 2024, yang sebelumnya sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda
Menginspirasi Wanita di Seluruh Dunia,
UN Women, lembaga PBB yang memiliki tugas dalam memajukan kesetaraan gender serta pemberdayaan perempuan dan GPF, lembaga non profit yang mendukung kemitraan bagi pembangunan yang selama ini berkomitmen mendukung PBB pun menganggap Menlu Retno sebagai inspirasi bagi jutaan wanita di Indonesia dan dunia sehingga patut untuk dianugerahi penghargaan.
Betapa tidak, Retno telah berkarier sebagai diplomat selama tiga dekade, yang tentu kaya akan pengalaman bertemu tokoh-tokoh dunia dengan menangani berbagai masalah internasional dan itu dibuktikan oleh Bu’ Retno dimana Indonesia belakangan ini banyak dikunjungi pemimpin negara asing bahkan menjadi role model.
Mendapatkan Pujian,


Kerajaan Arab Saudi, melalui Menteri Energinya Khalid al-Falih dan Menteri Luar Negeri Ibrahim Abdulaziz Al-Assaf memuji kedua srikandi ini sela perhelatan KTT G20 di Osaka, Jepang, pada 28 Juni 2019. Pasa saat Khalid al-Falih dan Abdulaziz Al-Assaf tengah berbincang bersama Jokowi langsung menyampaikan ke Bapak Jokowi “Anda memiliki dua menteri perempuan terbaik di dunia, mereka sangat bersemangat”, ujar mereka.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memiliki segudang prestasi di antaranya ialah meraih penghargaan Agen Perubahan untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan dari badan urusan perempuan PBB, UN Women, di Markas PBB, New York, Amerika Serikat pada 2017 lalu, kemudian sempat mendapatkan 5 Penghargaan Internasional diantaranya ;
- Order of Merit, Norwegia, penghargaan ini dianugerahkan untuk mantan duta besar Norwegia dan Islandia ini pada bulan Desember 2011 silam.
- Ridder Grootkruis in de Orde van Oranje-Nassau, Belanda, saat menjadi Duta Besar Indonesia untuk Belanda.
- El Sol del Peru, Retno dianggap berhasil meningkatkan kerja sama bilateral Indonesia-Peru, termasuk membentuk dialog bilateral kedua negara itu.
- Penghargaan Tertinggi dari Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani memberikan menganugerahkan pengharagaan karena Retno dinilai berhasil dalam membangun perdamaian dunia, serta dapat menjadi mitra yang dipercaya Afghanistan.
Kedua srikandi ini selain memiliki karier berkelas dunia, juga memang kedua-duanya punya kedekatan emosional sampai saat ini. Kedekatan itu terlihat dari berbagai aktivitas yang punya keterkaitan di kabinet, maupun di luar kabinet. Bahkan keduanya sama-sama punya cerita panjang yang sulit mereka lupakan mulai di jaman menggunakan seragam sekolah putih abu2 di SMA semarang, hingga menggunakan kebaya dan batik sebagai khas busana Indonesia dalam membantu Bapak Jokowi memajukan republik ini.
Sungguh membanggakan, semoga kedepan akan muncul srikandi-srikandi hebat di era milenial yang akan memajukan dan mengharumka nama Indonesia di dunia internasional. **


Dikutip Dari Berbagai Sumber.

Komentar

Opini

KERIS JAWA DI MASA DAMAI,

Puisi - Puisi Trisa,