7 DESTINASI WISATA TERBAIK DI INDONESIA YANG MENDUNIA,

 


Boleh dibilang, Indonesia adalah surga bagi penjelajah alam mungkin saja seperti anda! Karena kemolekan alam, keragaman budaya yang dimiliki Indonesia, membuat siapa saja akan tergoda untuk berwisata, meneliti atau bahkan tinggal di negeri ini. Mulai dari Sabang sampai Merauke dari Miangas hingga pulau Rote, Indonesia bagaikan hamparan kanvas yang tertuang lukisan yang luar biasa dari Sang Pencipta. Dari kekayaan alam bawah laut sampai gugusan pegunungan, Indonesia adalah destinasi wisata paling lengkap dan dikagumi dunia.

Apakah anda suka menikmati desir angin laut sambil menikmati debur ombak? Indonesia punya. Anda ingin melihat satwa-satwa unik yang tidak terdapat di Negara lain? Indonesia ada. Anda suka menjelajah gugusan pegunungan untuk merasakan hangatnya mentari pagi? Indonesia punya banyak pilihan. Anda suka melihat warisan kebudayaan dalam bentuk bangunan bersejarah yang indah juga megah? Indonesia punya list panjang untuk anda bisa kunjungi.

Inilah 7 destinasi wisata terbaik di Indonesia yang mendunia dalam wonderful Indonesia;

1. Raja Ampat,

Raja Ampat salah satu destinasi Wonderful Indonesia, yang memiliki keindahan alam pesisir dan bawah laut dimana setiap tahunnya dikunjungi tak kurang dari 30 ribu turis asing yang setiap tahunnya terus mengalami kenaikan jumlah kunjungan dari tahun ke tahun. Raja Ampat atau Empat Raja merupakan 4 pulau indah yang merupakan penghasil lukisan batu kuno. Empat pulau utama yang dimaksud adalah Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool.

Nama-nama tersebut berasal dari mitos lokal dari warga di sekitar pulau Raja Ampat dengan wilayah pulau mencakup hingga 4,6 juta hektar tanah dan laut, kita bisa menemukan 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Perlu diketahui Toppers, menurut laporan The Nature Conservancy and Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia yang tinggal di pulau indah nan menakjubkan ini.

2. Pulau Komodo,

Pulau yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia versi New Seven Wonders of Nature. Selain menawarkan satwa Komodo sebagai satu-satunya kadal purba yang masih hidup di bumi ini, pulau ini memiliki keindahan daratan dan alam bawah laut yang sangat luar biasa. Bisa dinikmati dengan cara trekking, menyelam hingga snorkerling.

Pulau Komodo yang terletak di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupaka destinasi wisata Indonesia yang tersohor di mata dunia selanjutnya adalah Pulau Komodo. Pulau yang berlokasi di Kepulauan Nusa Tenggara Timur ini merupakan rumah bagi ratusan Komodo, hewan endemik yang hanya ada di Indonesia.

Selain bisa mengamati perilaku dan mengeksplorasi habitat dari hewan purba ini, Pulau Komodo juga menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah pantai dengan pasir berwarna merah muda yang dikenal dengan nama “Pink Beach“. Pantai seperti ini hanya terdapat tujuh di seluruh dunia sehingga menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata Indonesia yang mendunia.

3. Taman Laut Bunaken,


Bunaken terletak tidak jauh dari Manado, ibu kota Sulawesi Utara. Tempat ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang tiada duanya. Keragaman flora dan fauna laut Bunaken mengundang rasa penasaran turis-turis asing untuk melihatnya. Bunaken menjadi tujuan utama turis asing yang datang ke Manado. Destinasi wisata di Indonesia yang populer di mancanegara selanjutnya adalah Taman Laut Bunaken yang berada di Teluk Manado.

Bunaken menjadi salah satu objek wisata di Indonesia yang mengundang decak kagum karena keindahan taman bawah lautnya yang sulit ditemukan di negara lain. Selain itu, pemandangan yang paling menarik adalah adanya terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25 – 50 meter. Bukan hanya itu, melainkan mata kita akan dimanjakan dengan 91 jenis ikan yang ada di dalamnya. Tidak heran kalau Taman Laut Bunaken menjadi salah satu destinasi laut yang amat menakjubkan.

4. Candi Borobudur,

Candi terbesar sedunia ini didirikan pada abad 7-8 di masa Wangsa Syailendra. Candi ini sempat terkubur timbunan pasir dan ditemukan kembali oleh pemerintah Hindia Belanda. Kemudian dilakukan restorasi hingga berbentuk seperti saat ini. Candi Borobudur terletak di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang menjadi ikon wisata budaya Indonesia yang mendunia. Sebagai candi Budha terbesar di dunia dengan luas tak kurang dari 123 X 123 meter, candi yang dibangun pada masa kerajaan Mataram kuno ini merupakan warisan budaya dan sejarah Indonesia yang terkenal akan arsitektur yang memukau. Candi Borobudur sendiri memiliki total tak kurang dari 504 arca Buddha dan 2.672 panel relief pada dinding-dindingnya. Menakjubkan sekali, bukan?

5. Danau Toba,



Danau Toba merupakan danau yang terbentuk dari letusan gunung api terbesar se-dunia. Danau yang terletak di provinsi Sumatera Utara ini memiliki pulau ditengahnya yang menjadi kabupaten tersendiri yakni Kabupaten Samosir. Objek wisata Indonesia yang terkenal di dunia ini memiliki luas 1.145 kilometer persegi. Di tengah danau terdapat Pulau Samosir yang luasnya hampir sebanding dengan negara Singapura. Selain terluas, danau ini juga termasuk salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 450 meter.

6. Gunung Bromo (Jawa Timur),


Kalau kamu pernah berkunjung ke Jawa Timur gak lengkap rasanya kalau belum menginjakkan kaki ke Gunung Bromo ini. Salah satu gunung berapi yang masih aktif ini memiliki pesona dengan dikelilingi pasir laut yang luas. Meskipun bukan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, namun keindahan Gunung Bromo tidak ada duanya dan membuat para pengunjung dapat merasakan pemandangan yang fantastis dan spektakuler.

Wisatawan dapat berkuda dan mendaki gunung bromo untuk menikmati keindahan yang menawan saat matahari terbit dan terbenam. Bisa jadi pengalaman secara langsung yang tidak terlupakan lho Toppers! Dengan keindahan yang menakjubkan itu tidak heran jika objek wisata di Indonesia satu ini menjadi para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

7. Bali,


Bali memang rajanya tempat wisata di Indonesia. Bali menawarkan keunikan budaya dan alam yang elok. Pulau ini menjadi tujuan hampir setengah wisatawan asing yang datang ke Indonesia. Pulau Bali, sudah tidak bisa dipungkiri lagi namanya memang merajalela ke seluruh dunia karena pemandangannya yang indah, budayanya yang masih kental terasa dan pantai nya yang eksotis. Salah satu objek wisata di Bali yang populer di mata dunia saat ini adalah Nusa Penida. Dengan panorama pantai yang indah Nusa Penida dan pulau-pulau kecil sekitarnya menawarkan pengalaman berbeda dan tentunya akan memanjakan anda apalagi memiliki hobi fotografi.

Nah, bagaimana? Begitu luar biasa kan destinasi wisata yang ada di Indonesia? Jika kita sudah tahu kekayaan yang dimiliki Indonesia, sudah sewajarnya kita berbangga dan mencintai Indonesia. Lalu kalau kita sudah jatuh cinta, bagaimana? Apa harus dipeluk, lalu dicium? Boleh-boleh aja. Hahahaha. Yang jelas, kita harus turut menjaga, melestarikan dan mengenalkan kekayaan alam dan budaya kita ke seantero dunia. Wonderful Indonesia.***



Aditya Mahya
Inspiration Indonesian Culture
Dikutip Dari Berbagai Sumber.

Komentar

Opini

KERIS JAWA DI MASA DAMAI,

Puisi - Puisi Trisa,

SOSOK SRIKANDI INDONESIA YANG MENDUNIA