KETIKA MERAH DARAH JOKOWI MELEBIHI SOEKARNO,

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah hal unik dalam sejarah kekuasaan Indonesia. Ia datang bukan bagian dari oligarki melainkan dari rakyat jelata, dimana kehadirannya muncul dengan cara yang jenaka. Selain itu, Logat cenderung bebas tapi lucu. Jawa-nya pun bukan logat Jawa Ningrat Solo, namun gaya gojekan Solo yang Dalam dunia yang semakin egaliter, gaya Jokowi mengingatkan pada Dono Warkop DKI yang asli Klaten ataupun Srimulatan Balekambang. Dimana Dibalik wajah lugunya itu tersembunyi kecerdasan dan mata intel yang menyelidik bila Tata Negara Universitas Indonesia Prof Jimly Asshiddiqie. sedang terawang dan memandang seseorang. Selain itu, menurut Guru Besar Hukum.


Diantara para Presiden Indonesia sebelumnya Jokowi lah satu-satunya Presiden yang berdarah paling merah bahkan melebihi presiden pertama yakni Ir. Soekarno. Dengan gaya politiknya yang khas, Jokowi melakukan ‘game power’ yang tak pernah terduga dengan strategi ala Solo yang ngglenik (akrab tanpa batas kepada lawan bicaranya).

Dan dengan caranya itu harus diakui, Jokowi dianggap paling berhasil dalam menegakkan struktur kekuasaan dan kemenangan politik dari pada Presiden-Presiden sebelumnya setelah kejatuhan Suharto 1998.

Apa yang dilakukan Oleh Jokowi merupakan prinsip Bung Karno dalam berkomunikasi. dalam negosiasi dengan pekerjaannya Jokowi bisa bersikap tegas, tapi di satu sisi juga bersikap amat sabar. Seperti hal nya saat berhadapan dengan para pejabat yang bandel Jokowi sudah tau posisi Siapa yang berkuasa.

Namun berbeda saat berhadapan dengan masyarakat, karena ia paham rakyat lah yang berkuasa dan ia hanya pelaksana. maka dari itu ia pun bertindak sebagai seorang bawahan yang sedang memahami apa maunya atasan. Dan tidak dapat terkalahkan di setiap pertandingan pemilu. Mulai dari menjabat sebagai walikota dipungkiri jika Jokowi satu-satunya tokoh Politik yang telah mencetak rekor tak hingga menjadi orang nomor satu di indonesia.***


Komentar

Opini

RAMALAN GUS DUR SOAL SOEHARTO HINGGA JOKOWI TERBUKTI MUJARAB! BAGAIMANA KE AHOK? MUNGKINKAH TERWUJUD?

Inilah Wajah Jalan Kemajuan Dari Lampung Ke Aceh,

]] Mengenang Kembali ; “ Kisah Duka, Dalam Wafatnya Soekarno”,