10 Kata Bijak Jokowi yang akan selalu di kenang,

Seorang pemimpin sebuah negara selalunya meninggalkan ide atau gagasan dan prestasi yang sering di jadikan inspirasi bagi Rakyat atau generasi selanjutnya, namun selain ide atau gagasan tersebut sebagai seorang manusia biasa tentunya seorang pemimpin ada kala nya juga meninggalkan kebijakan-kebijakan yang kontroversi pada masa dia menjabat.

Di sebalik kekurangan atau kelebihan seorang pemimpin pada akhirnya mereka juga akan menjadi sebuah sejarah oleh bangsa tersebut yang akan selalu di kenang dan di tulis oleh generasi - generasi berikutnya.

Mungkin kita sering membaca atau mengutip kata-kata bijak dari pemimpin-pemimpin besar dunia, seperti halnya Nelson Mandela, Ir.Soekarno, Jhon F. Kennedy atau bahkan  Pemimpin-pemimpin besar lainya.

Namun taukah kita bahwa Presiden Indonesia yang Ke 7 yaitu Ir.Joko Widodo  atau sering disapa Jokowi ternyata juga sering mengucapkan kata-kata bijak dalam setiap Pidato , Wawancara atau tulisan-tulisanya.


Berikut ini adalah 10 Kata Bijak dari Joko widodo:

Tanpa perdamaian, tidak akan ada kesejahteraan. Tanpa kesejahteraan, perdamaian tidak akan lestari.-Jokowi,

Agama dan negara harus dapat berjalan beriringan dan saling memperkukuh, bukan untuk saling dipertentangkan.-Jokowi,

Kalau kita tidak pernah turun ke bawah, tidak bersentuhan kulit dengan rakyat, bagaimana kita bisa merasakan keluhan rakyat? –Jokowi,

Jangan sampai kita lupa nikmatnya kerukunan, karena kita selama ini selalu rukun.-Jokowi,

Mulailah sebuah perjalanan dengan tujuan akhir yang jelas.-Jokowi,

Butuh keberanian untuk mencabut kumis harimau.-Jokowi,

Hanya dengan kebersamaan yang kuat, gandeng tangan yang erat, kita bisa membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju.


10 Kata Bijak Jokowi Yang Akan Selalu Di Kenanag,

Kerjakan dengan bahasa cinta, karena itu yang diinginkan setiap orang terhadap dirinya, cinta akan membawa pertanggungjawaban, masyarakat akan disiplin sendiri jika ia sudah mengenal bagaimana ia mencintai dirinya, lingkungan dan Tuhan.

-Jokowi, 

Kita pelayannya masyarakat. Kayak konsumen yang datang ke kita, layaknya raja.
-Jokowi ,

Dihina dan difitnah tak akan membuat kita tumbang, karena kebenaran selalu akan menemukan jalannya sendiri untuk keluar ke tempat terang.
-Jokowi,


Filosofi Jawa Pegangan Presiden Jokowi,

Selain kata - kata bijak tersebut , Jokowi juga sering Mengutip Filosofi Jawa yang dia pegang dalam kehidupanya sehari-hari ataupun dalam menjalakan pemerintahanya, berikut ini adalah filosfi jawa yang pernah jokowi bagikan dalam media sosialnya.

Luwih becik rengeng-rengeng dodol dawet, tinimbang numpak Mercy mbrebes mili.-Jokowi,

Kutipan sarat makna ini memiliki arti “lebih baik berjualan dawet dengan dipikul sambil bernyanyi-nyanyi (tanpa beban) dari pada naik mobil Mercy tetapi bersedih hati dan menangis.


Lamun Siro Sekti,Ojo MateniLamun Siro Banter, Ojo Dhisiki,Lamun Siro Pinter, Ojo Minteri.-Jokowi,

Makna dari kutipan di atas adalah:"Jika anda kuat, jangan menjatuhkan atau mencelakakan orang lain".

"Jika anda Cepat jangan menyalip", yang berarti jika anda memiliki kelebihan, jangan gunakan kelebihan itu melakukan sesuatu yang semena-mena.

"Jikalau kamu pintar , Jangan menipu", dalam arti jika anda sebagai orang yang terpelajar seharusnya jangan gunakan kepintaran kita untuk menipu orang yang tidak tau untuk kepetingan diri sendiri.

Kutipan filosofi ini juga pernah di unggah di akun media sosial pribadi Presiden Jokowi.

Suro diro joyoningrat lebur dening pangastuti.-Jokowi.

Filosofi jawa kuno ini pernah menjadi perbincangan hangat ketika jokowi menulisnya di laman Facebook di saat isu panas antara Polisi VS KPK,sedangkan Filosofi itu sendiri memiliki arti "angkara murka atau kejahatan sebesar apapun akan kalah atau hancur jika dihadapi dengan kelembutan dan kasih sayang."

Nah itulah kata-kata mutiara jokowi yang mungkin akan selalu di ingat-ingat oleh masyarakat Indonesia.

Sumber ;

10 Kata Bijak Jokowi yang akan selalu di kenang,

 

 


Komentar

Opini

KERIS JAWA DI MASA DAMAI,

Puisi - Puisi Trisa,

SOSOK SRIKANDI INDONESIA YANG MENDUNIA