Tepati Janji, Jokowi ajak Siswa SD di Papua ke Jakarta,

Inilah Perwakilan Siswa Sekolah Dasar Kabupaten Jayapura dan Asmat begitu riang dan gembira setelah Bapak Presiden Joko Widodo memenuhi janjinya beberapa waktu yang lalu untuk mengajak mereka melihat wajah Jakarta. Dan janji itu ditepati pada tanggal 11 Oktober 2019.

Terlihat mereka kompak mengenakan baju Timnas Indonesia berwarna merah dan topi khas Papua. Sementara Jokowi mengenakan baju putih. Sebelumnya siswa SDN Inpers Kemiri adalah siswa-siswa yang sekolahnya terkena banjir bandang, kemudian dijanjikan akan ke Jakarta dan ini kutipan dari Bapak Presiden pada Maret 2019 saat dirinya meninjau Banjir Bandang di Sentani;

"Ketemu Maret pas banjir di Sentani. Terus saya janji anak-anak saya ajak ke Jakarta," ujar Jokowi saat berbincang dengan siswa-siswi. Jokowi pun kemudian menanyakan siswa-siswi SD yang ingin mengunjungi beberapa tempat di Jakarta.

"Pengen ke Monas. Terus pengen apa lagi? Naik kereta. Pengen naik kereta bawah tanah. Pengen ke Stadion (GBK) terus pengen ke Dufan," kata dia.

"Yang penting pak presiden Bulan Maret janji, waktu bapak ke lapangan Banjir Sentani bertemu dan janji akan mengundang ke Jakarta. Yang penting janjinya sudah ditepati," ucap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu siswa SDN Inpres Kemiri memberikan tas khas Papua bertuliskan Jokowi Presiden. Mereka juga memakaikan topi khas Papua kepada Jokowi.

 

Dalam kunjungannya itu, Jokowi juga sempat ditanya awak media kemungkinan membawa siswa SD yang menjadi korban banjir ke Jakarta atau tidak. Mendengar pertanyaan media, Jokowi tampak tersenyum dan tertawa. Ia menuturkan anak-anak SD tersebut tak mungkin dibawa dengan alasan masih mengikuti proses belajar-mengajar.

"Wong anak-anak sekolah kok dibawa ke Jakarta, gimana. Anak-anak mau enggak dibawa ke Jakarta? enggak mau," kata Jokowi sembari tersenyum.

Namun, anak-anak Papua tersebut kompak menjawab keinginan untuk diundang ke istana. "Mau," jawab anak-anak Papua.

Spontan Bapak Jokowi kaget dengan respon anak-anak Papua saat ditanya keinginan untuk diajak ke Jakarta. "Saya kira enggak mau, mau. Belajar semua dulu," ucap Jokowi. Tak hanya itu, Jokowi kembali menanyakan kepada anak-anak Papua keinginan untuk diajak ke Jakarta dengan meminta anak-anak mengacungkan jari.

"Siapa mau ke Jakarta tunjuk jari," tanya Jokowi. Kompak beberapa anak-anak mengacungkan satu jari kepada Jokowi. Melihat kekompakan anak-anak Papua, Jokowi hanya mengangguk dan tersenyum. Ia menuturkan nantinya hanya anak-anak Papua yang ikut ke Jakarta.

"Ya ya ya. Orang tuanya enggak boleh ikut," katanya, dan perlu diketahui bahwa banjir bandang yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Sentani telah menelan 112 korban jiwa dan dari ratusan korban yang tewas, hanya baru 77 jasad yang terindentifikasi. ***


Komentar

Opini

RAMALAN GUS DUR SOAL SOEHARTO HINGGA JOKOWI TERBUKTI MUJARAB! BAGAIMANA KE AHOK? MUNGKINKAH TERWUJUD?

Inilah Wajah Jalan Kemajuan Dari Lampung Ke Aceh,

]] Mengenang Kembali ; “ Kisah Duka, Dalam Wafatnya Soekarno”,