Inilah Wajah Baru Masjid Istiqlal,

Inilah wajah terbaru Masjid Istiqlal, masjid terbesar dan termegah di Asia Tenggara yang dibangun sejak era Presiden Soekarno, yang telah rampung direnovasi secara besar-besaran oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Masjid Istiqlal direnovasi sejak 2019, mulai dari bagian dalamnya hingga ke area luar atau parkir masjid. Presiden Joko Widodo dalam peninjauannya mengatakan, pemerintah mengganti semua peralatan yang ada di masjid termasuk perbaikan infrastrukturnya.


Masjid Istiqlal, dinayatakan selesai renovasi 100 persen oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyo beberapa waktu yang lalu namun masyarakat juga belum dibolehkan memasuki area masjid dan gerbang masjid masih tertutup rapat. Dan di sekitar gerbang masjid terlihat beberapa pedagang kaki lima menjajakan dagangannya. Di gerbang masjid ada spanduk bertuliskan "Kami beritahukan bahwa masjid Istiqlal belum menyelenggarakan salat rawatib dan salat Jumat."

 

Jokowi menuturkan, kawasan masjid sudah melalui penataan baru meliputi pengembalian aksis Monas dan kerapian zonasi kawasan, perbaikan gerbang, penambahan plaza-plaza sebagai ruang publik, perbaikan tanggul sungai, penambahan gedung parkir bawah tanah, perbaikan kantin dan penambahan area PKL."Renovasi besar dilakukan pada arsitektur masjid yang mencakup fasad, lantai, dinding, kusen, jendela, pintu, ruang wudhu, toilet dan kamar mandi," jelas Jokowi.

Sementara renovasi interior masjid dilakukan pada ruang salat utama, area VIP dan kantor pengurus masjid. Begitu juga instalasi solar panel pada atap selasar, tata pencahayaan interior dan eksteror, sampai pergantian signage gerbang, ruang luar dan interior.

"Seluruh renovasi besar itu dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp475 miliar. Masjid Istiqlal memiliki luas area kawasan 91.629 meter persegi, dan luas bangunan masjid 80.948 meter persegi yang dapat menampung 200.000 orang," pungkas Jokowi.***

Dikutip Dari Berbagai Sumber.

 


Komentar

Opini

RAMALAN GUS DUR SOAL SOEHARTO HINGGA JOKOWI TERBUKTI MUJARAB! BAGAIMANA KE AHOK? MUNGKINKAH TERWUJUD?

Inilah Wajah Jalan Kemajuan Dari Lampung Ke Aceh,

]] Mengenang Kembali ; “ Kisah Duka, Dalam Wafatnya Soekarno”,