2 Srikandi Hebat Jokowi, Siapa Dia?



Siapa yang tidak mengenal Bu’ Sri Mulyani & Bu’ Retno Marsudi? Dialah srikandi hebat di kabinet Jokowi yang selalu mendapatkan pujian dunia Internasional didalam mewujudkan visi Presiden menuju Indonesia maju. Ternyata, kedua Srikandi ini sudah sejak lama bersahabat. Bahkan persahabatannya diawali disaat masih berseragam putih abu-abu di bangku SMA. Dan kisahnya itu sempat diceritakan Retno Marsudi melalui akun media sosial Instagram miliknya.
Retno menyebut sudah sekitar 40 tahun bersahabat dengan Sri Mulyani. Kebetulan, Retno dan Sri Mulyani bersekolah di SMA yang sama yakni SMA 3 Semarang. “Dari bersama di bangku sekolah (SMA 3 Semarang) hingga bekerja bersama-sama di jajaran kabinet Jokowi,” tulis Retno. Jika Bu’ Retno memilih karier sebagai diplomat di Kementerian Luar Negeri, sedang Bu’ Sri Mulyani awalnya banyak berkecimpung sebagai akademisi di Universitas Indonesia. Dari sisi karier di dunia internasional, keduanya tidak diragukan. Sama-sama cemerlang dan punya kehebatan berkelas dunia.
Sebelum mendampingi Jokowi, Bu’ Retno sebelumnya ditunjuk sebagai Duta Besar Indonesia di Belanda dan pernah menerima penghargaan sebagai sosok yang peduli dengan kesetaraan gender dari UN Women dan Partnership Global Forum.
Sementara Bu’ Sri Mulyani lebih dulu mengawali kerja di kabinet era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan pernah mendapatkan kepercayaan sebagai Managing Director World Bank.
Dari World Bank, Bu’ Sri Mulyani pulang ke Tanah Air dan Jokowi meminta membantunya memperkuat perekonomian Indonesia dengan menduduki posisi Menteri Keuangan sampai saat ini, hebat bukan ibu ini!
Tak hanya itu, keduanya juga sama-sama memiliki sisi karier yang cemerlang di mata dunia Internasional, bahkan menjadi kartu As di pemerintahan Jokowi dalam memajukan Indonesia. Maka tidak heran jika kedua-duanya telah menjalin "Persahabatan yang abadi."
Mendapatkan Pujian,
Kerajaan Arab Saudi, melalui Menteri Energinya Khalid al-Falih dan Menteri Luar Negeri Ibrahim Abdulaziz Al-Assaf memuji kedua srikandi ini sela perhelatan KTT G20 di Osaka, Jepang, pada 28 Juni 2019. Pasa saat Khalid al-Falih dan Abdulaziz Al-Assaf tengah berbincang bersama Jokowi langsung menyampaikan ke Bapak Jokowi “Anda memiliki dua menteri perempuan terbaik di dunia, mereka sangat bersemangat”, ujar mereka.

Menkeu Terbaik Se Asia 2917 Versi Finabce Asia,
Pada tahun 2017, Bu’ Sri Mulyani berhasil mendapatkan gelar sebagai Menteri Keuangan terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan Finance Asia, sebab dinilai berhasil memanfaatkan kesempatan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan pada 2017 sehingga dapat bertahan saat terjadi kenaikan suku bunga di Amerika Serikat (AS).
Sama seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memiliki segudang prestasi di antaranya ialah meraih penghargaan Agen Perubahan untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan dari badan urusan perempuan PBB, UN Women, di Markas PBB, New York, Amerika Serikat pada 2017 lalu.
Penghargaan tersebut diserahkan Asisten Sekretaris Jenderal PBB yang juga selaku Deputi Direktur Eksekutif UN Women Lakhsmi Puri pada acara jamuan makan siang yang dihadiri pemimpin dan tokoh perempuan dunia di sela pelaksanaan Sidang Majelis Umum PBB ke-72 di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat. "Puji syukur alhamdulillah apa yang dilakukan oleh Indonesia selama ini di bidang diplomasi kemanusiaan dan perdamaian dilihat oleh dunia," kata Menlu Retno Marsudi.
Kedua srikandi ini selain memiliki karier berkelas dunia, juga memang kedua-duanya punya kedekatan emosional sampai saat ini. Kedekatan itu terlihat dari berbagai aktivitas yang punya keterkatan di kabinet, maupun di luar kabinet.
Bahkan keduanya sama-sama punya cerita panjang yang sulit mereka lupakan mulai di jaman menggunakan seragam sekolah putih abu2 di SMA semarang, hingga menggunakan kebaya dan batik sebagai khas busana Indonesia dalam membantu Bapak Jokowi memajukan republik ini. Kita tunggu ulasan siapa lagi srikandi2 hebat Indonesia di era milenial? ***

Komentar

Opini

RAMALAN GUS DUR SOAL SOEHARTO HINGGA JOKOWI TERBUKTI MUJARAB! BAGAIMANA KE AHOK? MUNGKINKAH TERWUJUD?

]] Mengenang Kembali ; “ Kisah Duka, Dalam Wafatnya Soekarno”,

Jokowi Akan Meninggalkan Legecy Yang Akan Dikenang Sepanjang Masa,